Rabu, 12 Agustus 2009

PROPOSAL


I. KATA PENGANTAR

Pada zaman era globalisasi saat ini seluruh manusia di dunia mulai membuka mata lebar-lebar untuk bersiap-siap menghadapi kemajuan zaman yang begitu pesat, pembelajaran demi pembelajaran dilakukan dari berbagai aspek untuk menunjang kehidupan yang semakin hari semakin menyulitkan.

Perkembangan-perkembangan itu harus dan telah dimulai pada era ini, untuk itu pemuda-pemuda Indonesia mulai mengembangkan pengetahuannya, mulai menunjukkan kreatifitasnya dan mulai meningkatkan kemampuannya.

Berdasarkan hal tersebut diatas maka kami pemuda-pemuda yang terkumpul dalam suatu Organisasi Pemuda dan Olah Raga mulai mengembangkan suatu kegiatan positif dan mempunyai tujuan yang mulia. Organisasi tersebut bernama Organisasi Angkasa yang telah berdiri sejak tahun 1979 dan mulai dikembangkan pada tahun 2007 dengan cara mengadakan kegiatan-kegiatan bersifat Ke-Olahragaan, Ke-Rohanian, Ke-Pemudaan, dan Sosial.

Organisasi ini telah berumur akan tetapi organisasi ini belum menunjukkan kemampuannya sebagai wadah yang bisa diandalkan dalam menyalurkan bakat dan kemampuan para penerus bangsa untuk bisa lebih mengembangkan kemampuannya dan bisa berkarya untuk kemajuan daerahnya bahkan untuk negerinya tercinta. Pengembangan-pengembangan yang dilakukan dewasa ini dirasa belum cukup dan masih jauh dari kata Maksimal karena dari pengembangan yang sudah dilakukan belum membuahkan hasil seperti yang diinginkan bersama, untuk itu segala cara kami lakukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan untuk seluruh lapisan yang ada di Organisasi Angkasa khususnya dan seluruh lapisan masyrakat Indonesia umumnya.

Organisasi Angkasa telah memiliki anggota + 250 Orang dari berbagai lapisan masyarakat yang memiliki berbagai macam keahlian yang masih membutuhkan pembelajaran dan praktek-praktek lapangan, akan tetapi ada pula anggota yang telah mempunyai kemampuan tersendiri dan telah berkarya pada suat perusahaan yang ada di Jakarta. Untuk itu kami mohon bantuan dan dukungan dari aparat pemerintah setempat ataupun pusat dalam hal mewujudkan impian-impian dan cita-cita dari Organisasi Angkasa ini, karena pada dasarnya organisasi ini memiliki tujuan yang mulia yaitu mengembangkan potensi, menunjukkan kreatifitas yang dimiliki untuk kepentingan bersama dan untuk menunjang kehidupan yang akan datang. Organisasi Angkasa ini telah memiliki Sekretariat di Jl. Raya Cibungbulang KM. 18 RT. 009/001 Ds. Cimanggu II Kecamatan Cibungbulang Kab. Bogor Barat. 16630 dari hasil sumbangsih dari para anggota yang telah memiliki penghasilan dengan cara menyumbangkan sedikit penghasilannya untuk pengembangan Organisasi Angkasa dimasa yang akan datang.

Demikianlah sekelumit tentang Organisasi Angkasa semoga dengan dibukanya Organisasi ini Pemuda-Pemudi Indonesia mampu mengembangkan kemampuan dan menunjukkan kreatifitas yang baik, dan mohon kiranya kepada aparat Pemerintah setempat ataupun Pemerintah Pusat dapat memberikan bantuan dan kepercayaan kepada Organisasi kami yang ingin turut serta berkarya membangun bangsa melalui berbagai kegiatan dan usaha.

II. PROFIL

Angkasa adalah satu nama yang dipilih oleh para pemuda-pemuda pecinta sepak bola yang ada dilingkungan Desa Cimanggu II Kec. Cibungbulang Kab. Bogor Barat untuk dijadikan nama kebesaran suatu Club Sepak Bola, nama itu akhirnya diresmikan oleh perkumpulan pemuda-pemuda tersebut menjadi Angkasa Football Club, seiring waktu berjalan para pemuda ini memiliki pemikiran lain yaitu ingin mengembangkan perkumpulan ini menjadi suatu organisasi yang baik dan memiliki kegiatan yang baik pula. Berdasarkan hal tersebut diatas maka perkumpulan ini diresmikan pada tanggal 21 Juni 1979 menjadi suatu Organisasi yang berbasis pada Kepemudaan dan Olah Raga, karena pemuda dan olah raga saling berkaitan satu sama lain.

Organisasi Angkasa ini telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat Olah Raga, Sosial dan Rohani akan tetapi kegiatan ini masih berskala kecil karena kegiatan ini hanya melibatkan aparat dari Desa dan Kecamatan.

Organisasi ini terbentuk atas dasar kepedulian para pemuda sekitar lingkungan desa Cimanggu II yang menginginkan desanya berkembang menjadi desa yang maju dan bermartabat. Terbukti organisasi ini telah mengharumkan nama desa Cimanggu II melalui kegiatan Olah Raganya khusus dibidang Sepak Bola, dari beberapa kejuaraan / kompetisi setingkat Kabupaten Bogor Barat Angkasa selalu menjadi Juara I, sehingga nama Angkasa mulai dikenal banyak orang di wilayah Kabupaten Bogor Barat.

Dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi berikutnya Organisasi ini masih berjalan seperti biasanya dengan kegiatan-kegiatan rutin seperti tersebut diatas, terhitung mulai awal tahun 2008 para penerus Organisasi Angkasa membuka pikiran ke depan dengan cara melakukan pembaharuan dan peningkatan kualitas para anggotanya, maka organisasi ini membuat suatu kegiatan yang bersifat Usaha Kecil Menengah. Tepatnya pada tanggal 21 Juni 2008 para anggota dari Organisasi ini membuat Struktur Organisasi Baru untuk menunjang segala kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan sehingga kegaitan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, benar dan efisien. Berikut Struktur Organisasi terbaru dari Organisasi Angkasa :

Pelindung:

1. Kepala Desa Cimanggu II

2. Joni Wahani.

Penasehat :

1. Agus Supriyatman

2. Ivick Suryasa.

Ketua Umum :

Muhammad Ihak

Wk. Ketua :

Dadi Supriyadi

Sekertaris :

1. Wahyudi

2. Vita Septiani Pradita

Bendahara:

1. Rudi Nurdiana

2. Nina Sutinah

Humas:

1. Ade Azhari

2. Andi

Koord. Pemuda :

1. Yadi Mulyadi

2. Mulyana

Koord. Olah Raga :

1. Idrus

2. Asep Saepudin

3. Maulana Ikhsan

Koord. Sosial & Rohani :

1. Asep M

2. Pepen Efendi

III. MAKSUD DAN TUJUAN

Organisasi Angkasa adalah organisasi yang bergerak di bidang Kepemudaan dan Olah Raga dimana para pendiri dari Organisasi ini menginginkan para pemuda penerus bangsa dapat menjadi Generasi Penerus yang dapat diandalkan dimasa yang akan datang, oleh karena itu pada tanggal 21 Juni 1979 dibentuklah Organisasi ini yang bertujuan untuk mewadahi segala aspirasi dari para pemuda – I yang ada dilingkungan Kec. Cibungbulang Kab. Bogor dalam mengembangkan bakat dan kreatifitasnya, pada waktu itu Angkasa hanya bisa mengembangkan dalam bidang ke-Olahragaan terutama dalam bidang Sepak Bola dan Bulu Tangkis dalam bidang Kepemudaan belum membuat suatu kegiatan yang besar hanya dalam tahap kegiatan sosial dan rohani yang skalanya masih kecil, suatu contoh kegiatannya adalah :

1. Acara Tabligh Akbar yang diselenggarakan oleh 2 RW. di Desa Cimanggu II Kec. Cibungbulang Kab. Bogor dan dibantu oleh Organisasi Angkasa serta rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali.

2. Acara Santunan untuk Yatim Piatu se-Desa Cimanggu II Kec. Cibungbulang Kab. Bogor dan dibantu oleh Organisasi Angkasa serta rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali.

3. Acara Cross Country se Desa Cimanggu II yang diadakan langsung oleh Organisasi Angkasa dan rutin diadakan setiap satu tahun sekali.

Kegiatan-kegiatan diatas adalah bukti eksistensi Organisasi Angkasa dalam kepedulian antar sesama yang ada dilingkungan Kecamatan Cibungbulang Kab. Bogor. Organisasi Angkasa mempunyai suatu keinginan yang sangat ingin dilaksanakan dalam kegiatan-kegiatan besar maka pada tahun 2007 Organisasi Angkasa bekerja sama dengan Yayasan Bani Ibrahim mengadakan acara “Bogor Berdzikir” dengan mengundang Bp. K. H M. Arifin Ilham sebagai penceramah dan pembimbing dari acara Dzikir tersebut, acara Bogor Berdzikir dapat terlaksana dengan baik dan sukses bahkan acara tersebut diliput oleh salah satu stasiun TV Nasional TVRI.

Pembelajaran-pembelajaran terus dilakukan dengan cara mengadakan suatu event-event besar maupun kecil, serta terus melakukan pengembangan-pengembangan dalam hal bidang usaha kecil menengah seperti tersebut dibawah ini :

1. Membuka usaha kecil menengah ( Counter Pulsa, Rental Play Station, Warung Kopi )

2. Membuka Sekolah Sepak Bola ( SSB).

Pengembangan-pengembangan tersebut diatas merupakan suatu tanda keseriusan Organisasi Angkasa dalam mengembangkan bakat serta kemampuan, semoga dengan adanya usaha tersebut diatas bisa memotifasi anggota yang lain untuk turut memberikan suatu ide dan menjalankannya untuk kepentingan Organisasi khususnya dan kepentingan masyarakat luas umumnya.

1. Usaha Kecil Menengah Angkasa.

Kegiatan usaha ini dibuat atas dasar kepedulian dari para anggota yang merasa prihatin kepada anggota lain yang masih dalam kondisi Jobless (tidak bekerja), untuk itu anggota-anggota yang telah memiliki penghasilan membuat keputusan bersama untuk menyisihkan sedikit dari penghasilannya guna membuat suatu Usaha Kecil Menengah, maka atas kesepakatan bersama dibuatlah :

a. Rental Play Stations

b. Warung Kopi

c. Counter Pulsa

Kegiatan usaha diatas telah memakan biaya yang cukup lumayan besar yaitu kisaran Rp. 8.000.000,- (Delapan Juta Rupiah) untuk membangun local, Modal Awal usaha. dll.

Usaha ini berdiri diatas tanah milik dari salah satu Mantan Ketua Umum Organisasi Angkasa periode sebelumnya dengan mengizinkan tanah miliknya untuk dibangun sebagai tempat usaha bersama sampai waktu yang diinginkan oleh Organisasi. Usaha ini belum menghasilkan keuntungan yang baik karena begitu banyak kendala dan kekurangan modal, sehingga usaha ini masih jalan ditempat. Akan tetapi para anggota yang lain merasa yakin bahwa suatu saat nanti usaha kecil ini bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan, maka pembenahan-pembenahan dan penambahan modal terus dilakukan agar usaha kecil ini bisa berkembang dan menjadi usaha yang menengah bahkan sampai besar.

2. Sekolah Sepak Bola Angkasa

Organisasi Angkasa sebagian besar anggotanya adalah pemain sepak bola, sehingga banyak anggota yang menginginkan untuk membuka sekolah sepak bola karena kegiatan ini bisa membantu para anggota yang lain untuk mendapatkan sedikit penghasilan, maka pada tanggal 21 Juni 2008 atas kesepakatan bersama dibukalah Sekolah Sepak Bola ( SSB ) Angkasa.

SSB ini dalam waktu yang cukup singkat telah memiliki siswa yang cukup lumayan banyak, bayangkan hanya dalam waktu 3 (tiga) bulan SSB Angkasa telah memiliki + 150 orang siswa dari berbagai umur, mulai dari umur 8 tahun sampai dengan umur 17 tahun bahkan senior. SSB ini memiliki Visi dan Misi yaitu “Mengembangkan Potensi Generasi Penerus Bangsa melalui Sepak Bola”.

Akan tetapi SSB ini masih disubsidi oleh salah satu donator yang cinta akan sepak bola sehingga kebutuhan-kebutuhan mendasar dari sepak bola dapat terkucupi dengan baik, mulai dari kebutuhan terkecil sampai dengan kebutuhan terbesar bahkan sampai ke Insentif para pelatih dipenuhi oleh donator tersebut.

Seiring waktu peralatan-peralatan yang sudah ada mulai rusak bahkan ada peralatan yang sudah tidak bisa terpakai lagi karena dimakan usia sehingga membutuhkan peralatan-peralatan baru yang memakan biaya cukup lumayan besar tetapi donator yang selama ini menjadi tumpuan dari SSB Angkasa telah berhenti mengucurkan dananya, sehingga SSB Angkasa harus mencari dana sendiri melalui pengurus-pengurusnya. Dalam waktu 1 tahun ini SSB Angkasa memberikan kelonggaran kepada para siswanya dalam hal administrasi seperti Administrasi Bulanan. Biaya Pendaftaran dan Biaya Peralatan, sehingga membuat pengurus SSB tidak memiliki kas untuk kelangsungan dari SSB ini. Untuk itu beberapa kebijakan-kebijakan dari Pengurus SSB Angkasa adalah memberlakukan system Biaya Administrasi Bulanan dan perubahan biaya Pendaftaran dan biaya peralatan. Biaya-biaya tersebut semata-mata untuk kelangsungan dari SSB Angkasa ini.

SSB Angkasa sudah mendaftarkan ke Forum Komunikasi Sekolah Sepak Bola se-Kabupaten Bogor (FKSSB) Persikabo, dan telah mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh FKSSB seperti Festival Sepak Bola Usia 11 tahun, Coaching Clinic dengan dipandu oleh para pemain dari tim PERSIKABO.

SSB Angkasa juga memiliki Pelatih yang sudah berpengalaman di bidang Sepak Bola, karena pelatih ini telah mengikuti turnamen-turnamen tingkat nasional dengan club-club yang beredar di Divisi Suratin, Divisi II bahkan Divisi I. SSB Angkasa juga memiliki para pengurus yang baik dan mengerti dibidangnya sehingga kelangsungan dari SSB Angkasa ini dimasa depan tidak perlu diragukan lagi .


Adapun susunan organisasi SSB Angkasa adalah :

Pendiri : Organisasi Pemuda & Olah Raga Angkasa

Ketua : Maulana Ikhsan

Wk. Ketua : Asep Saepudin

Sekertaris : Wahyudi

Bendahara : Rudi Nurdiana

Humas : 1. Andi

2. Supriyatna

Pelatih Kepala : Ferry Ferril.

Asst. Pelatih : Akmal Mulyana.

Seksi Peralatan : Dani, Deri

SSB Angkasa memiliki jadwal latihan di lapangan Sepak Bola Desa Cimanggu II pada hari Rabu ( Pukul. 14.00 s/d pukul. 16.00) dan Minggu (pukul. 07.00 s/d pukul. 10.00).

Semoga dengan adanya SSB Angkasa ini para generasi penerus bangsa yang ada di lingkungan Kecamatan Cibungbulang dapat menjadi generasi yang diandalkan dimasa yang akan datang.

Dengan adanya kegiatan-kegiatan ini semoga Organisasi Angkasa akan terus eksis dari satu generasi ke generasi berikutnya dan bisa berbicara banyak ditingkat nasional bahkan international.

IV. RENCANA KEGIATAN

Organisasi Angkasa memiliki banyak cita-cita dan impian yang belum terwujud, oleh sebab itu berbagai rencana kegiatan akan dilakukan demi mencapai keinginan-keinginan tersebut diatas. Rencana-rencana tersebut antara lain :

a. Membuat suatu kegiatan besar di bidang Sosial seperti :

- Mengadakan acara Donor darah bekerja sama dengan pihak Palang Merah Indonesia, para Mahasiswa dari IPB, Mahasiswa UIKA dan lapisan masyarakat sekitar.

- Mengadakan acara Sunatan Massal bagi keluarga yang tidak Mampu dan Yatim Piatu serta bantuan dana sosial bagi Keluarga Miskin dengan cara membuatkan lahan untuk bekerja/berdagang, bekerjasama dengan Departemen Sosial.

- Mengadakan acara Bazaar Murah untuk warga kurang mampu di lingkungan Kecamatan Cibungbulang Kab. Bogor, bekerja sama dengan para sponsorship dan aparat pemerintah setempat.

b. Mengikuti Kegiatan ke-olahragaan khusus dibidang sepak bola :

- Mengikuti acara Danone Cup untuk SSB Angkasa.

- Mengikuti Kompetisi-kompetisi yang diadakan oleh FKSSB Kabupaten Bogor.

- Mengadakan kompetisi antar SSB se Kabupaten Bogor Barat.

- Mengadakan acara Coaching Clinic se Kabupaten Bogor Barat.

c. Mengikuti Kegiatan Wira Usaha.

- Bekerja sama dengan Aparat pemerintah setempat untuk membuat Home Industri seperti Pembuatan Sepatu, Sandal Dll.

- Bekerja sama dengan Aparat pemerintah setempat untuk membuka kegiatan dibidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan.

- Membuka Peluang kerja bagi anggota-anggota Organisasi Angkasa dengan cara bekerja sama dengan salah satu perusahaan dalam hal mempromosikan barang dagangannya.

Rencana kegiatan diatas adalah suatu rencana kedepan demi mewujudkan keinginan dan menambah pengalaman didalam kegiatan ber-Organisasi, untuk itu rencana kegiatan diatas memerlukan dukungan penuh dari Aparat Pemerintah setempat, Kepala Daerah dan Masyarakat sekitar.

Semoga rencana kegiatan-kegiatan diatas mendapatkan respons yang baik dari berbagai unsur sehingga seluruh rencana dapat terlaksana dan berjalan dengan baik.

V. HARAPAN DAN CITA-CITA

Organisasi Angkasa adalah suatu Organisasi yang menginginkan pengakuan secara hokum dan dapat menjadi wadah usaha bagi anggotanya khususnya dan bagi masyarakat luas pada umumnya. Untuk mencapai keinginan tersebut maka Organisasi ini berniat membentuk menjadi suatu yayasan yang diakui oleh pemerintah dan berbadan hukum, akan tetapi begitu banyak biaya yang harus dikeluarkan sehingga Organisasi ini berencana mengadakan berbagai macam kegiatan untuk mengumpulkan dana demi terciptanya keinginan tersebut diatas. Ada beberapa hal yang menjadi cita-cita dari Organisasi Angkasa :

1. Membentuk Organisasi Angkasa menjadi Yayasan Angkasa

2. Membuat Lapangan Sepak Bola tersendiri khusus untuk SSB Angkasa sehingga kegiatan pendidikan dan pembinaan dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

3. Membuat Home Industri / kegiatan wira usaha lainnya yang bertujuan untuk menopang kehidupan para anggotanya.

4. Menjadi salah satu yayasan yang bisa membantu program pemerintah dalam membina dan mengembangkan bakat dari generasi penerus bangsa dengan cara membuka Sekolah, BLK atau Kursus-kursus.

Demikian harapan dan cita-cita dari Organisasi ini dimasa yang akan datang, kami berharap ada salah satu Investor atau Aparat Pemerintah yang bisa membantu mewujudkan keinginan dari Organisasi ini.

VI. PENUTUP.

“ Setiap Harapan & Cita-cita yang tinggi pasti ada jalan keluarnya” untuk itu semoga dengan adanya catatan-catatan ini semuanya dapat terlaksana dengan baik dimasa sekarang atau dimasa yang akan datang. Demikian Catatan Penting dari sebuah Organisasi yang bernama Angkasa.

Hormat Kami

Pengurus Organisasi

Pemuda & Olah Raga

Angkasa

MUHAMMAD IHAK

Ketua Umum

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  2. Bos, kerjasama bisa kah? ane mau buat festival sepakbola U-12 atauU-18 di daerah ente. (angkasa red) dedy 08818134361

    BalasHapus